'cookieOptions = {...};'

MENGATASI BURUNG MENCABUT BULU SENDIRI

Tips Agar Burung berhenti mencabuti bulu sendiri 

Teman kicau mania pasti risau dan down jika mendapatkan kasus burung kesayangannya yang mencabuti bulunya sendiri. Saya sendiri mengalaminya dan banyak mendapat keluhan dari sahabat kicau mania tentang masalah ini. 


Penyebab burung mencabuti bulu sendiri bisa muncul dari berbagai aspek diantaranya :

  • Adanya kutu atau gurem. 
Kutu dan Gurem yang hidupnya berparasit di tubuh burung. Untuk mengatasinya bisa menggunakan produk khusus pembasmi kutu yang aman untuk burung, pilihlah obatnya yang tidak merusak kesehatan kulit dan bulu burung.
  • Burung mengalami kondisi over birahi.
Burung yang over birahi suka ditandai dengan mematok tempat makan atau minum, kadangkala tangkringan dan alas kotoran ( karpet ). Yang paling parah adalah mencabuti bulu sendiri. Mencabuti bulu sendiri bisa terjadi saat burung santai dan saat burung bertemu dengan burung sejenis. Untuk mengatasinya mandikan burung lebih sering, kurangi extra fooding bila perlu. Tempatkan atau gantung sangkar burung di tempat yang lebih nyaman, sirkulasi udara yang baik dan cahaya yang cukup. 
  • Kebiasaan buruk mencabuti bulu sendiri. 
Kebiasaan atau perilaku buruk mencabuti bulu sendiri ini tidak ada obatnya. Biasanya terjadi karena awalnya ada satu atau sebagian bulu yang tidak normal tumbuhnya atau rusak akibat burung lasak / giras, dan bisa terjadi juga bulu bengkok yang sering dijumpai pada burung murai batu karena ekornya yang panjang menjadi bengkok ketika posisi tidur yang biasanya suka di pinggir sangkar.



Tips agar burung tidak mencabuti bulu sendiri karena kebiasaan buruk :

1. Gunakan tangkringan gawang atau tangkringan T buat burung yang suka tidur di pinggir sangkar atau gunakan sangkar yang lebih besar untuk menghindari ekor burung yang panjang nyangkut di jeruji sangkar ketika posisi tidur di pinggir sangkar.

 2. Apabila burung terlanjur mencabuti bulunya sendiri maka segera kita bantu mencabuti bukunya yang sudah terlanjur pecah atau rusak akibat burung yang dicabutnya sendiri. Karena burung sifatnya pesolek maka burung akan risih kalo ada bulu yang tidak normal atau rusak pasti akan dicabutnya bila burung gagal merapikan bulunya sendiri.

Caranya semprot atau basahkan burung sebelum ditangkap untuk mengurangi tingkat stress pada burung. Setelah burung dipegang dengan posisi yang benar ambil semprotan dan basahkan dipangkal tempat bulu tumbuh yang bukunya rusak atau yang hendak dicabut, lakukan dengan hati-hati saat pencabutan bulu jangan ada yang patah di dalam atau tertinggal. Bulu yang optimal tercabut sempurna ditandai dengan pangkal bulu yang berbentuk runcing. Setelah semua bulu yang seharusnya tercabut lakukan penyemprotan kembali untuk membasahi lubang atau pori tempat tumbuh bulu tersebut. Finishing masukkan kembali burung ke dalam diangkatnya dan berikan makanan segar kesukaannya agar mengurangi stress pada burung dan Air minum diberi tambahan vitamin setiap hari. Ketika bulu mulai tumbuh kembali lakukan treatment mandi tergantung kebiasaan burung apakah mandi keramba, mandi semprot, dll setiap hari min 1x sehari sampai bulu tumbuh sempurna semua.












 

 





h
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...