'cookieOptions = {...};'

Murai Batu Di Penangkaran Tiba - Tiba Lumpuh


Murai batu yang kesehariannya hidup bersama pasangannya di kandang penangkaran terlihat begitu indah dan harmonis. Kadangkala bersahutan sesama pasangan nya melantunkan lagu - lagu melankolis, maklumlah namanya juga pasangan yang sedang beraksi saling menarik perhatian lawan jenisnya. Keduanya kelihatan sehat dan makan juga kuat, menyantap jangkrik, kroto, dan bermacam jenis menu yang disuguhkan oleh tuannya. Menyenangkan yah, hal seperti inilah yang diharapkan bisa terus berlangsung hingga pasangan murai batu akhirnya beranak pinak.

Dalam perjalanan proses produksi murai batu tidak selamanya berjalan mulus loh, banyak faktor - X yang terkadang datang menghambat. Salah satu masalah yang bisa kita jumpai yaitu burung di kandang penangkaran tiba - tiba saja lumpuh. Keadaan demikian bisa disebabkan beberapa faktor, bisa dialami oleh jantan maupun betina.

Penyebab burung lumpuh bisa karena defisiensi nutrisi dan virus. Untuk mencegah dan meminimalisir perlu diperhatikan pola makan dan asupan  nutrisi yang tepat. Kondisi kan ruang lingkup lingkungan kandang dengan obat desinfektan secara berkala dan rutin.

Mengatasi dan menyembuhkan burung yang lumpuh yaitu dengan pemberian obat yang mengandung multi vitamin lengkap seperti Bird Pro. Burung harus di karantina dan diberi pakan yang segar, voer sementara dihentikan. Lakukan therapy dengan cara kedua kaki diurut perlahan menggunakan air hangat dan balsem 2 - 3 kali sehari sampai burung kembali pulih dan bisa nangkring. Waktu dan lama penyembuhan tergantung kondisi burung.

Semoga Bermanfaat...... Salam Bird Lovers.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...